37 Desa di Lebak Ikuti Pelatihan Jurnalisme Warga

SOBANG-Dalam rangka meningkatkan kemampuan teknis aparatur dan operator Sistem Informasi Desa (SID) di Kabupaten Lebak, Provinsi Banten, Rimbawan Muda Indonesia (RMI) bekerjasama dengan Pemerintahan Kecamatan Sobang menyelenggarakan pelatihan jurnalisme warga dan teknik penggalian data.

“Saya ingin para aparatur desa sampai tingkat RT benar-benar siap menjalankan tugasnya dengan baik,” ungkap Camat Sobang, Wijayanto Yantika, S.Sos,  usai membuka acara tersebut, Rabu (17/02) kemarin.

Karena menurut dia pelaksanaan UU Desa No 6 tahun 2014 merupakan sebuah tantangan sekaligus peluang bagi mereka. Setiap pekerjaan harus dilaksanakan dengan professional.  Apalagi tugas yang terkait data, dan penggunaan uang negara, memang harus hati-hati dan dapat dipertanggungjawabkan. 

Sementara itu Program Manager Program Peduli RMI, Rojak Nurhawan mengatakan bahwa pelatihan ini merupakan rangkaian dari kegiatan Program Peduli di beberapa wilayah kesepuhan di Kabupaten Lebak.

“Program Peduli sendiri  merupakan sebuah program pemerintah dibawah koordinasi Kementrian Kordinator bidang Pemberdayaan Manusia dan Kebudayaan (PMK) untuk isu Inklusi Sosial,” kata Rojak.

Dia menambahkan, kegiatan hari pertama khsusus untuk memberi pembekalan teknis kepada 45 peserta, yaitu para ketua RT dari Desa Sindang Laya, Desa Cirompang, Kecamatan Sobang, ditambah 3 desa tetangga dari Desa Cibarani Kecamatan Cirinten, Desa Jaga Raksa Kecamatan Muncang, dan Desa Wangun Jaya Kecamatan Cigemblong.

Sementara pelatihan dilanjutkan bagi para operator Sistem informasi Desa dari
37  Desa.  Yaitu 15 Desa dari Kecamatan Sajira, 10 Desa di Kecamatan Sobang, 12 Desa dari Kecamatan Muncang, dan satu desa dari Kecamatan Cirinten, dan satu desa dari Kecamatan Cigemblong.