Arti Kemerdekaan bagi Dayak Kenyah Lepoq Jalan


Kali ini kami mengangkat cerita mengenai masyarakat adat Dayak Kenyah Lepoq Jalan di desa Lung Anai di Kutai Kartanegara. Desa Lung Anai sendiri sudah menjadi desa Budaya sejak tahun 2005 sebagai hasil pemekaran Desa Sungai Payang.

Namun demikian, masyarakat adat Dayak Kenyah Lepoq Jalan masih mengalami permasalahan ketidakpastian ruang hidup dan sumber penghidupan akibat konflik lahan dengan masyarakat desa sekitarnya dan perusahaan-perusahaan besar. Mereka juga menerima stigma sebagai masyarakat pendatang dan pencuri lahan oleh masyarakat desa sekitarnya.

Masyarakat adat Dayak Kenyah Lepoq sendiri sebenarnya masih memegang teguh kebudayaan dan adat istiadat mereka. salah satu budaya yang masih dilaksanakan hingga saat ini adalah Uman Undrat atau pesta panen Lung Anai sebagai rasa syukur atas panen padi ladang mereka.
Kemerdekaan bagi mereka memiliki banyak arti. #Merdeka itu berarti kebebasan mengolah tanah sesuai dengan tradisi mereka. Merdeka itu berarti bebas dari rongrongan korporasi yang berusaha mengambil tanah penghidupan mereka. Merdeka berarti adanya perhatian penuh dari pemerintah untuk ikut mengembangkan adat istiadat suku dayak di Lung Anai sebagai kekayaan nusantara. Sumber asli klik di Peduli Adat.