Merdeka menurut Warga Tobalo dan To Garibo



Menjelang hari kemerdekaan RI ke 72 ini, kami ingin menampilkan serial arti kemerdekaan bagi sebagian besar Masyarakat Adat yang berkerja bersama kami dalam Program Peduli. Edisi kali ini kami akan menampilkan apa itu kemerdekaan bagi masyarakat adat To Balo dan To Garibo di desa Bulo Bulo, Kab Barru dan masyarakat di desa Kahayya, Kab Bulukumba di Sulawesi Selatan.
Masyarakat di kedua desa tersebut mengalami keterisoliran secara geografis sehingga banyak warga pergi merantau dan fasilitas kesehatan maupun pendikan kurang memadai di wilayah tersebut.

Sementara itu terdapat stigma negatif terhadap suku To Balo yang dianggap memiliki kulit belang dan dianggap penyakit menular sehingga warga enggan berinteraksi dengan mereka.
Pada hari kemerdekaan ini, marilah mendengar apa kemerdekaan itu bagi mereka yang jauh dari berbagai fasilitas yang mungkin terdengar sepele bagi kita.

#Merdeka itu jika desa kami mendapat layanan kesehatan sehingga kami tidak harus keluar desa untuk berobat. Merdeka itu bagi kami kalau karena keterisolasian ini, kami tidak menjadi miskin dan tertekan karena ekonomi serta diberikan kemudahan untuk berusaha. Merdeka itu juga ketika anak-anak kami mendapat pendidikan meski wilayah kami sulit dijangkau. Detil silahkan klik FB Peduli Adat.