Pelatihan Pembuatan Dimsum dan Abon dari Ikan Patin

 


Abon merupakan salah satu produk olahan makanan yang sudah dikenal oleh masyarakat dan terbuat dari daging sapi. Namun berbeda dengan di Bungo, Suku Anak Dalam (SAD) belajar mengolah abon yang terbuat dari ikan patin. Pelatihan ini berlangsung di Kota Bungo yang diselenggarakan oleh Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jambi dan didampingi oleh SSS Pundi Sumatera di bawah program Peduli – Kemitraan.

            Peserta pelatihan berjumlah 16 orang yang terdiri dari ibu rumah tangga yang memiliki usaha dalam bidang makanan atau catering dan 3 orang perwakilan dari Komunitas SAD. Keterlibatan SAD sendiri merupakan rekomendasi langsung dari Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Bungo, karena mereka tahu persis bagaimana SAD punya keinginan kuat untuk belajar produk-produk olahan.

            “Saya senang SAD bisa ikut berpartisipasi dalam pelatihan ini, selain untuk menambah wawasan tentang macam-macam produk olahan ikan, saya harap pelatihan ini juga meningkatkan rasa percaya diri mereka ketika berinteraksi dengan pihak lain,” kata Quswen selaku Kabid Dinas Perikanan Bungo.

            Pelatihan dimulai dengan paparan dari narasumber tentang manfaat ikan dan protein yang terkandung di dalamnya. Setelah itu, peserta langsung praktek cara membuat produk olahan berupa dimsum dan abon ikan. Para peserta dari SAD sangat antusias dalam mengikuti pelatihan, ditambah dengan semua pihak yang hadir baik dari narasumber maupun peserta lainnya sangat terbuka dan membantu kelompok SAD ketika praktek.

            “Saya pikir ikan hanya bisa dimasak sayur, dibakar, diasap, atau digoreng saja. Ternyata bisa dibikin macam-macam makanan enak seperti dimsum dan abon ikan. Saya harap setelah pelatihan ini ada alat agar kami bisa berlatih sendiri di rumah dan memberi sampel kepada komunitas SAD lainnya,” kata Juliana salah satu perwakilah Komunitas SAD. (shabs)

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih bagi yang telah meninggalkan momentar positif bagi kami