Pelatihan Peningkatan Kapasitas Kader Tentang Hutan Adat dan Desa Adat


Selama berabad-abad, hubungan antara Masyarakat Adat dan lingkungannya telah terkikis dengan hilangnya kepemilikan wilayah atau dipaksa pindah dari wilayah tradisional dan lokasi-lokasi penting mereka. Hak tanah, tata guna lahan, dan pengelolaan sumber daya merupakan masalah-masalah kritis bagi Masyarakat Adat di seluruh dunia. Proyek-proyek pembangunan, penambangan, kegiatan kegiatan kehutanan, dan program-program pertanian terus-menerus menyingkirkan masyarakat adat dan membuat kerusakan lingkungan.

Saat ini peran pemerintah sangat penting dalam mengakui hak-hak warisan leluhur Masyarakat Adat, terutama dalam hal membuat peraturan hukum dan kebijakan yang memungkinkan Masyarakat Adat mengklaim tanah-tanah adat mereka. Untuk itu, Program Peduli – Kemitraan bekerja sama dengan Karsa Institute untuk melakukan “Pelatihan Peningkatan Kapasitas Kader tentang Hutan Adat dan Desa Adat” pada Juli lalu. Tujuan dari pelatihan ini untuk meningkatkan kemampuan masyarakat dalam kepemimpinan dan pemberdayaan melalui pendampingan berbasis inklusi sosial melalui pengetahuan-pengetahuan baru mengenai isu hutan dan desa adat.

Dalam praktiknya, peserta dibagi menjadi kelompok kecil untuk diskusi dan menyamakan pemahaman tentang apa itu desa adat dan hutan adat. Selain itu, peserta juga diajarkan untuk mengetahui tahapan apa saja yang harus dilewati ketika mengajukan izin Hutan Adat, Hutan Desa, dan Desa Adat. “Awalnya, para peserta kesulitan memahami tentang regulasi yang ada tentang hutan adat dan desa adat. Namun, setelah pelatihan berlangsung, para peserta sudah sangat memahami apa itu yang disebut inklusi dan mereka juga paham soal tahapan-tahapan jika mengusulkan desa adat atau hutan adat,” kata Sius dari Karsa Institute. Setelah pelatihan ini diharapkan ke depannya pemerintah desa melakukan pelatihan-pelatihan yang sifatnya peningkatan kapasitas kelompok perempuan dan kader penggerak desa agar Desa Inklusi bisa segera terwujud. (shabs)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih bagi yang telah meninggalkan momentar positif bagi kami